Kemajuan Teknologi dan Aplikasi Smart City Kota Batu

Berkat kemajuan teknologi dan informasi di Tanah Air serta dukungan dari Lintasarta, akhirnya Smart City Kota Batu berhasil diwujudkan. Dalam beberapa tahun terakhir, Kota Batu menjadi kawasan yang memiliki potensi maju cukup tinggi. Oleh karena itu, kemajuan teknologi dan aplikasi di bawah ini diharapkan bisa membuat Kota Batu lebih modern.

  1. Laporan Masyarakat

Konsep yang ditawarkan oleh Lintasarta adalah Satu Data. Hanya dengan berbekal satu database dalam platform Command Center Smart City, koordinasi serta pemantauan jadi lebih mudah serta reliable. Teknologi berbasis layanan masyarakat ini memungkinkan masyarakat mampu melaporkan keadaan lingkungan ke Pemkot setempat.

Meskipun sumber laporan tersebut ada di suatu daerah yang cukup terpencil, tetap bisa tersampaikan tanpa penghalang. Dengan laporan yang bersifat real-time, penanganan serta pelayanan dari pemerintah setempat jadi lebih cepat. Selain itu, kerja sama antara pemerintah Kota Batu dengan masyarakat setempat jadi lebih kompak berkat konsep Smart City ini.

  1. Informasi Kota

Teknologi berbasis layanan informasi kota yang diimplementasikan oleh Lintasarta ini juga tidak kalah penting. Peranannya sangat vital karena berkaitan dengan ketersediaan informasi untuk para wisatawan serta masyarakat yang lebih luas. Kadang, para wisatawan yang belum pernah ke Kota Batu belum tahu informasi tempat wisata di sana.

Berkat adanya layanan informasi kota ini, tempat-tempat penting seperti rumah sakit, kantor polisi, tempat wisata, dan lainnya jadi mudah diakses. Hanya dengan menggunakan smartphone masing-masing, informasi terkait Kota Batu bisa diakses kapan saja. Jadi tidak harus tanya orang di jalan ketika mau mengunjungi tempat-tempat penting tersebut.

  1. Smart Farming

Konsep Smart City Kota Batu cukup meyakinkan, kendatipun baru direalisasikan beberapa waktu lalu. Platform yang disediakan oleh Lintasarta berbasis cloud. Jadi, pemerintah daerah setempat bisa melakukan uji coba, pengembangan, serta pengelolaan aplikasi tanpa harus berinvestasi terhadap infrastruktur seperti server, storage, middle ware, dan lainnya.

Keberadaan teknologi Smart Farming ini sangat menguntungkan pihak petani maupun pemerintah. Soalnya Smart Farming memungkinkan para petani Kota Batu untuk bisa berinteraksi dengan Pemda serta para ahli pertanian. Tujuannya untuk meningkatkan literasi terkait pertanian agar para petani memiliki pengetahuan mendalam.

Maklum, selama ini para petani yang belum terintegrasi dengan Smart City cenderung pakai cara lama dalam memproduksi, mengolah, serta memasarkan hasil pertanian. Dengan adanya Smart Farming, para petani lokal jadi bisa memasarkan langsung hasilnya ke calon pembeli. Jadi, tidak ada permainan harga yang kerapkali dilakukan oleh para tengkulak/perantara.

  1. Aplikasi Among Tani, Among Warga, Among Kota

Sedangkan untuk aplikasi yang bisa diunduh lewat Play Store, sudah ada Among Tani, Among Warga, serta Among Kota. Setiap aplikasi tersebut tentu memiliki keunggulan serta fungsi masing-masing. Aplikasi Among Tani diperuntukkan bagi para petani yang ada di Kota Batu dan sudah difasilitasi dengan teknologi Smart Farming.

Untuk aplikasi Among Warga, manfaatnya bisa digunakan secara luas oleh masyarakat Kota Batu. Lewat aplikasi tersebut, masyarakat bebas melaporkan hal-hal terkait pelayanan umum. Bahkan bisa pula digunakan sebagai media untuk menyampaikan kritik terhadap pemerintah agar bisa bekerja lebih baik lagi.

Dengan aplikasi tersebut, warga bisa menyampaikan keluhan yang disertai dengan detail lokasi serta foto untuk memperkuat laporan. Setiap keluhan terkoneksi dengan pemerintah Kota Batu. Kalau untuk aplikasi Among Kota kurang lebih sama fungsinya dengan Among Warga. Hanya saja lebih fokus pada ranah perkotaan saja.

Besarnya peran Smart City Kota Batu perlu disambut dengan baik oleh daerah-daerah lain di Indonesia. Siapa tahu, konsep Smart City yang diterapkan oleh Lintasarta serta pemerintah Kota Batu bisa menginspirasi daerah lain. Soalnya konsep Smart City di negara-negara maju sudah bukan lagi hal baru. Akan tetapi sudah jadi bagian dari kemajuan negara tersebut.