Plus Minus Pakai Lantai Kayu di Rumah

Dari sekian banyak elemen interior yang ada di rumah, lantai merupakan bagian terpenting yang sering terlupakan. Padahal, lantai yang tepat bisa melindungimu dan keluarga. Bayangkan salah memilih material lantai untuk ruanganmu, bisa-bisa kamu atau orang terkasih terpeleset dan terjatuh. Salah satu material yang dianggap paling baik mencegah hal ini adalah lantai kayu. Bukan cuma bisa menghindari gesekan pada lantai dan mencegah terpeleset karena lantai licin, lantai kayu juga merupakan favorit banyak orang karena sifat aestetiknya yang bisa memperindah rumah. Jadi, lantai kayu bisa menjadi pemanis rumahmu kalau digunakan secara tepat. Penasaran apakah lantai kayu baik untukmu? Yuk, cek plus dan minus dari lantai kayu supaya kamu makin yakin!

Kelebihan menggunakan lantai kayu

Lantai kayu lebih awet dan memberi efek visual yang bagus

Lantai kayu memiliki bahan kayu solid sehingga memberi kesan aestetik yang bagus dan menarik karena corak alami yang dimilikinya. Kesan alami dari lantai kayu ini bisa membuatmu merasa betah berada di dalam rumah. Apalagi buat kamu yang menyukai suasana alam. Motif dari lantai kayu yang beraneka ragam bisa membuat kita leluasa memilih motif yang pas untuk rumah. Selain itu, lantai kayu juga dinilai lebih awet lho, dengan perawatan yang baik dan benar, lantai kayu di rumah dapat bertahan sampai 20 tahun. Salah satu cara perawatan yang baik adalah dengan cara re-coating atau mengecat ulang setiap 3 bulan sekali.

Perawatan lantai kayu lebih mudah

Untuk membersihkan permukaan lantai kayu sejatinya tak sesulit yang kamu bayangkan lho. Cukup menggunakan vacuum cleaner atau sapu bulu halus kamu bisa membersihkan kotoran atau remah-remah. Untuk membersihkan noda atau benda-benda cair, cukup gunakan lap untuk membersihkannya.

Lantai kayu memiliki efek yang bagus buat kesehatan

Lantai kayu diyakini bisa mengurangi pengaruh Volatile Organic Compounds (VOC) yang ada di ruanganmu. VOC sendiri adalah senyawa organik yang memiliki tekanan uap yang sangat tinggi dan mudah menguap pada temperatur dan tekanan ruang.

Kekurangan lantai kayu

Butuh perlakuan khusus agar lantai kayu tidak mudah keropos

Lantai kayu yang kurang mendapat perlakuan khusus saat akan dipasang, bisa menjadi sarang dari rayap dan mengalami keropos ketika lantai kayu tersebut mulai lembap. Kelembapan biasanya akan membuat lantai kayu menjadi mudah keropos, lapuk dan menimbulkan bau tak sedap. Selain itu, apabila kamu memiliki peliharaan, usahakan kuku dari hewan peliharaanmu rajin dipotong untuk menghindari timbulnya goresan di permukaan lantai kayu. Ini juga berlaku ketika kamu berniat memindahkan barang atau furnitur, usahakan agar furnitur tersebut tidak didorong, tapi diangkat.

Lantai kayu agak susah dibersikan ketika ada noda cair

Lantai kayu sangat rentan terhadap noda cat atau tinta, hal ini membuat lantai kayu susah dibersihkan karena cairan langsung meresap ke dalam kayu. Untuk menjaga keawetan, hindari penggunaan air berlebihan pada lantai kayu. Merawat lantai kayu perlu dilakukan dengan hati-hati. Saat membersihkan lantai kayu, gunakan sapu yang lembut berbahan bulu agar permukaan kayu tidak tergores. Untuk menjaga keawetan, hindari penggunaan air berlebihan pada lantai kayu. Gunakan lap kering agar air tak merembes ke dalam pori-pori kayu.

Nah, setelah mengetahui plus minus dari lantai kayu, kamu pasti bingung memilih lantai kayu apa yang paling cocok untuk rumah dijual di Bandung milikmu. Ada berbagai macam motof lantai kayu yang populer di kalangan masyarakat. Di antaranya adalah:

Pola lurus

Pola ini merupakan jenis pola lantai kayu paling umum ada dan sering dipakai. Pola ini sering dipakai pada ruangan berkonsep modern dan kontemporer karena desainnya yang simpel dan fleksibel untuk segala jenis konsep interior. Harga dari lantai kayu dengan pola ini juga disebut paling murah karena pemasangannya yang mudah.

Pola acak

Jenis lantai kayu dengan pola acak memberikan kesan unik pada sebuah ruangan, apalagi kalau kamu ingin mengusung konsep hippie atau bohemian. Pola lantai kayu acak sangat cocok buat kamu yang kreatif dan memiliki jiwa seni. Jangan lupa untuk mempermanis ruanganmu dengan furniture berkualitas dan hiasan dinding unik sesuai dengan konsep ruangan yang kamu pilih ya!

Pola diagonal

Ingin ruangan terlihat lebih mewah dengan mengganti satu elemen saja? Lantai kayu pola diagonal solusimu! Memiliki pola yang nggak biasa dan cenderung aestetik, pola diagonal pada lantai kayu dianggap bisa memaksimalkan tampilan ruangan minimalis, apalagi ruangan mungil, seperti pada desain apartemen minimalis.

Pola parket

Seringkali ditunjukan sebagai elemen dekoratif, lantai kayu parket memang memiliki motif mosaik yang geometris dengan kesan tersendiri. Nggak heran kalau lantai kayu berpola parket banyak digunakan di ruangan inti seperti ruang tamu atau ruang keluarga. Berkumpul bersama keluarga di ruangan yang indah tentu menjadi impian setiap orang bukan?

Setelah mengetahui plus dan minus dari lantai kayu, apa kamu juga jadi tertarik memiliknya di rumah yang kamu tempati?