Pastikan Kopi Anda Tidak Menyababkan Hipertensi

Untuk mendapatkan tekanan darah normal, perlu sebuah perhatian yang khusus dan berkelanjutan. Mempertahankan tekanan darah normal bisa berarti sebagai bagian untuk hidup sehat dan meminimalisir berbagai penyakit yang mengerikan, seperti stroke, gangguan jantung dan lain sebagainya. Salah satu kelainan pada tekanan darah tidak normal ialah tekanan darah yang berlebihan. Tekanan darah yang berlebihan ini biasa dinamakan hipertensi. Agar bisa mengetahui jumlah tekanan darah, bisa dilakukan dengan mudah selama memiliki alat pengukur tekanan darah. Apabila angkanya menyentuh 140/90, sudah dipastikan memiliki hipertensi. Dari sekian banyak penyebab naiknya tekanan darah pada tubuh ialah terlalu banyaknya mengkonsumsi kopi. Bisa dibayangkan, apabila anda memiliki kecenderungan untuk hipertensi, maka hindarilah meminum kopi.

Dalam studi Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan salah satu perguruan tinggi di Indonesia, menyebutkan bahwa terdapat suatu desa yang diteliti yang mayoritas penderita hipertensi ini dikarenakan kebanyakan minum kopi. Kebiasaannya meminum kopi,baik itu pagi, siang atau bahkan malam, menjadikannya memiliki hipertensi. Bahkan, ada salah satu warga yang memiliki tekanan darah mencengangkan, diatas 180. Bisa dibayangkan, bagaimana kehidupannya sehari-hari apabila memiliki tekanan darah yang sangat tinggi. Berbagai gangguan pastinya telah terasa dan pengobatan pun bisa dipastikan tidak akan lebih mudah dari biasanya. Setelah ditanyakan, ternyata yang membuat tekanan darahnya begitu tinggi karena kopi. Baginya, meminum kopi bagaikan meminum air putih dalam kehidupan sehari-hari. Entah berapa gelas kopi yang dia habiskan tiap harinya. Baginya, salah satu yang bisa menolong dan menurunkan hipertensi ialah dengan berhenti minum kopi. Setelah mengurangi atau bahkan berhenti, maka pengobatan selanjutnya bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Pola hidup dan pola konsumsi yang baik ialah pola yang mengacu pada 4 sehat 5 sempurna. Biarpun sulit untuk dilakukan, tetapi tujuan akhirnya sangat jelas untuk kebaikan tubuh.saat berada di posisi memiliki hipertensi, pastikan perubahan pola makan tersebut. Dengan selalu mengecek tekanan darah melalui alat pengukur tekanan darah, agar tekanan darah anda bisa diketahui dan terkendali.